Pages

Subscribe:
                            

Labels

Blog ini hanya untuk sharing semata jika ada rekan sekalian yang ingin menyumbangkan ide diperkenankan untuk mengisi box komentar. Terima Kasih

Sabtu, 08 Oktober 2011

Bagaimana blog gratisan ini bisa menghasilkan dollar ?

Bagaimana blog gratisan ini bisa menghasilkan dollar ? Ini barangkali pertanyaan yang membuat anda penasaran. Dengan kata lain bagaimana mungkin sebuah blog yang tidak memiliki domain dan hosting berbayar mampu berbicara banyak atau bersaing ketat dengan ratusan juta blog lain untuk memperoleh penghasilan maksimal dari berbagai macam bisnis online yang ditawarkan oleh dunia maya ini (baca: internet). Jawabannya sangat mungkin bahkan jauh lebih baik dari pada blog dengan TLD (Top Level Domain). Padahal blog ini cuma numpang di blogspot biasa disebut Sub Level Domain (golongan kelas dua).

Bagaimana blog gratisan ini bisa menghasilkan dollar ?Semua itu tergantung usaha anda memaksimalkan fungsi blog yang sebenarnya. Lantas apa fungsi blog itu ? Ini pun bakal panjang penjabarannya karena tiap orang punya perbedaan persepsi dalam mengartikan penggunaan blogging. Tapi yang paling umum biasanya untuk berbagi informasi khususnya ya... itu buat cari duit tambahan. Nah yang akan kita bahas sekarang yaitu fungsi khususnya buat cari side job (tambahan uang jajan). Jika yang pertama tujuan anda, gak perlu repot2 kerja keras cukup tulis artikel lalu publish dan selesai. Namun jika yang kedua tujuan utama anda ini yang agak repot bukan sekedar tahu nulis dan nulis tapi kita juga diwajibkan belajar banyak hal dunia blogging.

Kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari semua itu ? Tidak ada jawaban pasti tapi berdasarkan pengalaman bisa jadi antara 3 hingga 6 bulan. Anggap saja itu bagian dari investasi waktu anda untuk masa depan. Pada halaman ini saya tidak menjelaskan panjang lebar, hanya sebatas rangkuman saja. Untuk rinciannya kalian dapat mengakses link di tiap keterangan yang ada. Disitulah anda akan mulai mempelajari satu per satu cara hingga menjadi satu kesatuan yang utuh membuat blog gratisan menghasilkan dollar.

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan pada saat memulai blogging dengan niat awal untuk dijadikan sumber pendapatan lihat penjelasan lengkapnya :

1. Trending topic (Topik yang sedang trend)

Pertama kita awali dengan trending topic ini penting sebab pencarian yang paling banyak di akses orang adalah sesuatu yang baru dan sedang ramai di perbincangkan. Contohnya, kejadian 9/11 2001 atau pembajakan pesawat oleh teroris di amerika yang menewaskan banyak korban jiwa dimana saat itu pesawat ditabrakkan ke menara world trade center dan gedung rubuh dalam hitungan menit. Sesaat setelah kejadian tersebut orang yang tidak bisa datang ke lokasi akan mencari banyak sumber informasi melalui media salah satunya internet.

2. Unique content (Konten yang unik = konten original)

Perlu digaris bawahi pengertian konten unik tidak harus tulisan yang kita ketik sendiri tapi bisa dari sumber lain yang kita edit. Bagaimanapun kita tetap membutuhkan narasumber sebagai bahan untuk menulis. Anda dapat menemukan sumber di banyak tempat kalo mau gampang tinggal copas artikel kemudian lakukan editing 20 atau30 % dari artikel aslinya. Gimana kalo bahasa inggris blas gak ngerti ne ? Kalian pakai jasa google translator dan terjemahkan keberbagai bahasa lain dulu lalu dikembalikan lagi ke bahasa inggris.

3. Update article (Perbaharui artikel secara rutin)

Poin ketiga ini yang jarang sekali bisa konsisten. Untuk permulaan masih semangat 45' tapi begitu berjalan beberapa bulan mulai tanda-tanda kemalasan muncul. Artikel hanya di update seminggu atau sebulan sekali. Perlu diingat bahwa blog yang disukai oleh search engine adalah blog yang minimal mengupdate 1 postingan sehari. Jauh lebih baik kan dari pada anda menulis 100 artikel per hari tapi kemudian performa mulai menurun dan selanjutnya rutinitas terbatas seminggu atau 1 bulan sekali. Cukup kerjakan 1 artikel per hari bila kesibukan anda luar biasa di dunia nyata (baca: pekerjaan)

4. Index page (Halaman blog yang terindeks)

Blog anda kini sudah terisi artikel unik dengan topik yang lagi trend dan selalu update post seperti 3 penjelasan sebelumnya. Tugas berikutnya membuat halaman blog bisa terdeteksi oleh search engine seperti google, yahoo dan bing. Kebanyakan menggunakan webmaster tool. Fungsinya untuk mengenali setiap halaman blog yang baru saja di publish atau di terbitkan. Waktu normal setelah anda memposting artikel kurang lebih 6 sampai 24 jam sudah terindeks mesin pencari.

5. Backlink (Link yang disisipkan)

Backlink secara umum berarti inlink (link yang masuk), link blog anda yang beredar luas di situs lain. Cara ini butuh pemahaman SEO yang matang. Namun bagi pemula ada banyak cara instan lainnya untuk mempermudah mendapatkan backlink.

6. Traffic (Jumlah kunjungan)

Ramai tidaknya sebuah blog ditentukan oleh traffic atau jumlah kunjungan blog anda yang datang. Mungkin ini bagian yang tersulit dilakukan. Butuh skill tertentu dalam mempelajari tehnik ini. Asalkan anda mau serius tidak akan lama blog anda bisa ramai pengunjung.

6 tips tersebut adalah rangkuman yang saya maksud sebelumnya. Pastikan dari sekarang anda sudah siap untuk mengoptimalkan blog yang menghasilkan uang. Perhatikan baik2 pada setiap poin diatas, jangan dikerjakan secara acak ikuti sesuia dengan nomor urut tadi. Kenapa begitu ? karena blog anda tidak akan pernah bisa ramai apalagi menghasilkan uang. Misalnya anda memulai dari no 5 terlebih dahulu tanpa memperhatikan efek yang akan timbul dari 4 poin sebelumnya. Blog anda tidak trending topic, artikel pun juga berantakan, indeks halaman tidak ada, backlink belum punya belum2 sudah ke traffic. Tentu sangat mungkin dilakukan karena anda cukup kasih tahu teman anda dan menyuruh dia untuk mengkases blog anda. Lalu efek yang muncul, teman anda akan mengatakan "blog mu aku coba akses dari tadi gak kebuka linknya" atau toh kalaupun kebuka lalu membaca artikel anda yang carut marut gak jelas malah bikin teman anda kecewa. Untuk itu lakukan lah sesuai dengan instruksi.

Dapatkan berbagai informasi menarik dengan mengunjungi link yang ada dalam blog ini mulai dari bisnis online, lowongan kerja, tips blogging dll. Pilih berdasarkan kategori yang anda minati lalu masukkan kata kuncinya dan klik cari informasi sekarang
Google
Kategori -->
Blog ini tidak memiliki kerja sama dengan pihak manapun semua hasil yang didapatkan berasal dari kerja keras penulis mengoptimalkan blog secara berkala. Anda bisa siapapun juga bisa asal ada usaha
Kekayaan sesungguhnya adalah ilmu yang terus di kembangkan tidak pernah bosan belajar hal baru terlebih ilmu itu bermanfaat bagi orang lain. Percayalah ilmu yang anda bagi kepada mereka sampai kapanpun tidak pernah berkurang justru semakin bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner